Kamis, 05 April 2012

filsafat umum

Nama   : Yazid Albusthomi
NIM    : 11510030
Jur       : Aqidah dan Filsafat A
Socrates (469-399 SM)
            Socrates adalah anak seorang pemahat Sophroniscos dan ibunya bernama Phairnarete, yaitu pekerjaannya seorang bidan. Sorates ini berasal dari keluarga orang kaya sehingga ia mendapatkan pendidikan yang baik, dan kemudian ia menjadi plajurit Athena. Ia terkenal sebagai plajurot yang gagah berani, karena ia tidak suka terhadapurusan politik, maka ia lebih senang memusatkan perhatiannya kepada filsafat, yang akhirnya ia dalam keadaan miskin.
            Pemikiran socrates yaitu sebagai (antropologisme) memusatkan pemikirannya kepada manusia, dan manusia itu sebagai obyek pemikiran filsafatnya. Ia mengajarkan pengetahuannya dengan tidak dipungut biaya sedikitpun. Oleh karena itu ia dituduh kaum sofis memberikan ajaran yang barunya, merusak moral para pemuda dan menentang kepercayaan Negara. Kemudian ia ditangkap dan dihukum mati dengan meminum racun pada umur 70 tahun yaitu pada tahun 399 SM.
Plato (427-347 SM)
Plato adalah salah satu murid socrates, plato dikenal sevagai sastrawan. Ia lahir di Athena, nama aslinya Aristocles. Ia belajar filsafat dari socrates, pythagoras, heracleitos dan elia. Ia belajar filsafat dengan socrates selama 8 tahun, kemudian usianya 40 tahun ia mengunjungi Italia dan Sicilia, untuk belajar dengan pythagoras, kemudian ia kembali lagi dan mendirikan sekolag akademis di dekat kuil akademos seorang pahlawan athena. Ia memberikan pengajaran teruatama daklam bidang politikus.
            Pemikiran beliau, ia mencoba menyelesaikan permasalahan lama, mana yang benar, yang berubah-ubah (heracleitus) dan yang tetap (Parmenides). Mana yang benar antara pengetahuan yang lewat indra dengan pengetahuan yang lewat akal.pengetahuan indra atau pengetahuan pengalaman bersifat tidak tetapatau berubah-ubah, sedangkan pengetahuan akal bersifat tetap atau tidak berubah-ubah.
Aristoteles (384-322 SM)
Ia berasal dari Stageira, yunani utara pada tahun 384 SM. Ayahnya dokter pribadi di raja Macedonia Amuntas. Ia mewarisi keahliannya dalam pengetahuan empiris ayahnya di istana. Pada umur 17  tahun beliau belajar di akademis Plato selama kira-kira20 tahun hingga plato meninggal. Tak berapa lama, ia menjadi pengajar di akademia Plato, untuk mengajar logika dan retorika. Ia tidaksetuju dengan pendapat pengganti lato di akademia tentangnfilsafat, ia pergi bersama rekannya Xenokrates mengajar di sekolah assos.
Pada tahun 345 SM kota assos diserang tentara persi, kemudian rakanya dibunuh, dan ia melarikan diri ke mytilenen dipulau lesbos tidak jauh dari Assos. Pada tahun 342 SM, aristoteles diundang raja Philippos dari macedonia untuk mendidik anaknya Alexander. Dengan bantuan raja, aristoteles mendirikan sekolah Lykeion.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar